Cara Praktis Mengetahui Batu Berlian Asli

Iklan Disini
Iklan Disini
Batu berlian merupakan salah satu batu Keistimewaan yang dimiliki oleh berlianlah yang membuatnya sangat berharga. Berlian selalu dijadikan magnet para wanita, tidak sedikit yang rela menghabiskan anggaran belanjanya demi mendapatkan koleksi terbaik batu mulia ini. Namun banyak juga para wanita yang tertipu berlian palsue.

Menurut Pakar Berlian yang juga Chief Operations Officer Passion Jewelry, Airyn Tanu terlalu sulit untuk membedakan berlian asli dan palsu. Bagi orang awam, sangat sekali membedakan mana yang asli dan palsu ada alat tersendiri untuk melihatnya.

Cincin Berlian Termahal

Namun ada hal sederhana yang sedikit membantu, yakni dengan mencermati setiap sisi pada berlian. Berlian asli akan memperlihatkan kilauan yang mempesona dari berbagai sisi. Berlian palsu seringkali didesain hanya dengan memberikan kilauan pada bagian atasnya, tidak di sisi lainnya.
Berikut Cara Praktis untuk Cek Batu Berlian Asli atau Palsu:
  1. Dengan cara tes pakai diamond selector . Diamond selector merupakan alat untuk mengecek keaslian mineral batu-batuan.Untuk harga diamond selector bervariasi,untuk yang bagus berkisar 1.500.000 dan untuk yang murah 250.000.Kalau anda ingin membeli diamond selector pilihlah yang berbentuk batangan dan bertuliskan DIAMOND SELECTOR II .Cara pemakaiannya anda cukup menggeser lampunya jadi hijau kira-kira 3 lampu hijau kemudian tekan permukaan berlian dengan ujung jarum diamond selector tersebut.Kalau diamond selector mengeluarkan bunyi berarti bisa dipastikan berlian anda asli dan kalau sebaliknya berarti bukan berlian.
  2. Dengan Loupe atau Keker. loupe atau yang biasa disebut keker adalah sejenis alat seperti kaca pembesar tapi berukuran lebih kecil.Kalau pakai keker ini anda bisa melihat keaslian berlian dan kualiotasnya secara langsung karena memiliki pembesaran objek mencapai 40x sehingga bisa melihat lebih detail.Untuk harga keker yang bagus sekitar 900.000 dan untuk yang biasa 250.000.Merk keker yang bagus keluaran ZEISS.
  3. Dengan cara digores pakai intan. Cara ini termasuk gampang dan praktis.Anda tinggal menggores permukaan berlian tersebut dengan intan dan usahakan intan tersebut ada dudukan sehingga anda gampang menggores berlian tersebut.Kalau berlian yang anda gores tersebut memiliki bekas goresan/cacat maka dipastikan itu bukan berlian asli.Kalau berlian asli tidak akan berbekas walaupun digores pakai intan karena berlian merupakan mineral paling keras dibanding batuan lain.Tapi,kalau anda menggores terlalu keras maka berlian asli sekalipun juga akan rusak.
  4. cek fisik. Berlian asli memiliki kualitas pantulan cahaya yang bagus saat dilihat dalam penerangan cahaya yang bagus sehingga kalau diperhatikan secara seksama maka anda akan melihat pantulan sinar yang muncul dari berlian tersebut. Kalau yang bukan berlian/zirkon tidak memiliki pantulan cahaya seperti berlian.Jadi,usahakan melihatnya ditempat yang terang.
  5. Berlian asli kebanyakan memiliki cacat fisik berupa pisau, bintik hitam(tahi lalat), tis, remukan seperti garam, berminyak,dll. Untuk cacat seperti itu merupakan bawaan dari alam. Berda halnya dengan berlian yang bukan asli kebanyakan hasil bikinan manusia sehingga kebanyakan lebih bagus.
  6. Berlian asli memiliki cutting yang simetris dan sempurna (untuk cutting berlian eropa).biasanya grillednya dicutting juga. beda halnya dengan zirkon yang memiliki grilled lebih lebar dan tidak dicutting.
  7. Goreskan Berlian dikaca. Berlian merupakan mineral paling keras sehingga kalau anda menggoreskan berlian dikaca maka kaca tersebut akan tergores oleh berlian asli sedangkan berlian tiruan tidak bisa menggores kaca.
  8. Tempelkan dipipi. Coba anda tempelkan berlian tersebut dipipi anda.Kalau terasa dingin maka bisa dipastikan berlian anda asli karena mineral batuan alami sifatnya lebih dingin sebaliknya berlian sintetis tidak memiliki sifat seperti itu.
  9. Cek Kelaboratorium. Untuk cara yang satu ini adalah cara yang paling jitu dan lebih pasti menentukan berlian anda asli atau bukan.Anda bisa sertifikasi berlian anda agar lebih jelas kualitasnya karena disertifikat tersebut dituliskan lebih rinci kualitas berlian tersebut.Disarankan buat anda ke lab yang lebih terpercaya agar sertifikasi berlian anda lebih terjamin dan diakui misalnya GIA,AGL,dll.

Demikianlah artikel kali ini mengenai cara praktis mengetahui Batu Berlian Asli. Semoga bermanfaat buat kalian semua.
Iklan Disini

Posting Komentar