Batu Tapak Jalak - Cara Mengenali Keasliannya

Iklan Disini
Iklan Disini
Nama pada batu ini ‘Tapak Jalak’ bukan terletak pada karakter dan kristal batu melainkan lebih pada mutif atau gambar sebagai ciri khasnya. Warna bisa bervariasi ada yang merah kuning, coklat, putih, hijau atau warna lain yang memiliki garis lurus dan melintang seperti tanda tambah (+) sebagai ciri untuk bisa disebut batu cincin tapak jalak.

Batu dengan motif seperti ini sudah sangat pepuler dikalangan penghobi dan banyak dipakai sebagai mata cincin, namun sebenarnya bisa digunakan untuk berbagai macam perhiasan terlebih jika batu itu memiliki corak bening dan mengkristal tentu akan sangat cantik untuk dibuat permata seperti liontin atau perhiasan model lainnya.

Mengetahui berbagai macam ciri batu tapak jalak asli tentunya bukanlah merupakan perihal yang mudah untuk dilakukan, pasalnya setiap batu akik dan permata sendiri tentunya akan memiliki karakter yang berbeda-beda baik pada tingkat kekerasannya hingga motif dan juga warna dasarnya. Seperti salah satunya adalah pada batu tapak jalak yang hingga saat ini tengah menjadi perburuan dari para kolektor batu akik, pasalnya jenis batu akik ini selain memiliki motif khusus yang cantik juga diketahui memiliki banyak manfaat bagi penggunanya.

Ciri Batu Tapak Jalak Asli

Diketahui bahwa batu akik tapak jalak sendiri juga hingga saat ini tersedia dalam berbagai macam jenis yang berbeda-beda, jenis dan perbedaan tersebut diketahui melalui warna dan tingkat transparansi dari batu jalak itu sendiri. Batu tapak jalak sendiri juga konon merupakan salah satu jenis batu akik yang terhitung langka, sehingga tak heran jika hingga saat ini banyak kolektor batu akik dan permata yang selalu mencari berbagai macam cara untuk mengetahui ciri batu tapak jalak yang memang benar-benar asli.

Karena dengan kelangkaannya tersebut memang tidak sedikit juga yang pada saat ini memalsukan batu tapak jalak tersebut, maka dari itulah bagi anda yang tertarik dengan jenis batu akik ini tentu harus mengetahui berbagai macam ciri batu tapak jalak asli. Batu tapak jalak sendiri memiliki motif khusus yaitu seperti tanda plus atau tanda tambah pada permukaannya, dan untuk batu tapak jalak yang asli garisnya sendiri akan berwarna seperti lilin dan tidak rata atau mulus serta akan terlihat tebal.

cara mengenali batu tapak jalak asli

Selain itu, ke empat bagian bidang tersebut tidak akan tembus jika tersorot cahaya, namun garis yang berbentuk tanda tambah di bagian tengahnya tersebut akan dapat ditembus oleh cahaya, dan untuk batu tapak jalak yang asli juga 4 bidang bagian diluar garis tersebut tidak akan terlihat terbagi rata. Dan jika garis tersebut sangat lurus dan rapi serta 4 bagiannya terbagi sangat rata, maka terdapat kemungkinan jika batu tapak jalak tersebut bukan batu akik asli melainkan hanya batu akik sintetis atau batu akik palsu.

Demikianlah postingan kali ini mengenai "Batu Akik Tapak Jalak". Semoga bermanfaat buat kalian semua.
Iklan Disini

1 komentar:

Dewi Dewi Pada: 10 Juni 2015 pukul 11.10 permalink
Delete

Posting Komentar