Cara Mengetahui Bahan Batu Akik Bagus

Iklan Disini
Iklan Disini
Batu akik yang terlihat bagus setelah menjadi cincin memang telah melewati berbagai macam proses penggosokan batu hingga menampilkan warna yang indah. Namun bahan dasar dari batu akik juga sangat menentukan. Bahan dasar yang biasanya masih berbentuk bongkahan memang sulit untuk dibedakan kualitasnya. Mungkin hanya orang tertentu saja yang bisa menilai kualitas bahan mentah batu akik yang sebenarnya.

Bahan Batu Akik Panca Warna

Untuk itu jika ingin menghasilan kualitas batu yang bagus yang paling penting adalah memilih bahan yang bagus terlebih dahulu. Batu akik Kalimaya, bacan, red borneo atau jenis lainnya yang berharga mahal dan berkualitas bagus tentu saja berasal dari bahan yang bagus pula, bukan dari seberapa lama di lakukan proses penggosokan, ibaratnya mau digosok setiap hari-pun kalau memang dasar bahannya jelek maka tidak akan menciptakan batu cincin akik berkulitas bagus apalagi berharga mahal.
 
Berikut ini beberapa tips cara memilih bahan batu akik berkualitas bagus ;

Yang pertama adalah dengan cara melihat secara fisik, biasanya bahan batu akik yang tidak memiliki kualitas bagus lebih banyak mengandung kapur atau batuan yang tidak berguna, bongkahan seperti ini sebaiknya dihindari karena meskipun berharga murah namun isinya sedikit, jadi jangan sampai Anda memilih bongkahan bahan batu akik karena murahnya saja tapi perhatikan juga isinya.

Yang kedua Anda harus mengenal jenis batuan mulia atau batu akik, paling tidak Anda familiar dengan ciri maupun warna batu akik tertentu. Misalnya saja batu akik kalimantan red borneo, biasanya didominasi oleh warna merah muda. Tapi memang Anda tidak harus mengenal batu dari warnanya saja karena memang warna tidak mutlak untuk beberapa jenis batu akik, contohnya saja batu giok, seperti kita tahu batu giok memiliki ciri khas warna hijau, namun batuan mulia lainnya juga banyak yang memiliki warna hijau menyerupai batu giok.

Kekerasan batu akik juga sangat menentukan kualitas, semakin batu akik tersebut memiliki kekerasan yang tinggi biasanya semakin baik kualitasnya, anda dapat menggunakan alat untuk mengukur hal tersebut, penjual batu akik biasanya memiliki alat tersebut.

Gunakan senter batu untuk melihat lebih dalam batuan akik tersebut. Anda bisa menggunakan senter untuk melihat kristal batu dan melihat serat alami di dalamnya. Jika batu tidak tembus cahaya akan sulit melihat serat dan kualitas batu tersebut.

Memang bukan perkara mudah untuk menentukan kualitas sebuah bongkahan batu akik. Ini sangat berbeda ketika kita arus memilih batu akik yang sudah jadi, karena batu akik yang sudah jadi bisa dilihat dengan mata dan dapat langsung diketahui kualitas batu akik tersebut. Memilih batu akik yang masih bongkahan memerlukan keahlian dan juga feeling yang bagus, biasanya jika orang yang merupakan ahli batu mulia bisa dengan mudah mengetahui kualitasnya, untuk orang awam memang perlu bertanya kepada ahlinya, yang paling penting adalah kenali jenis batunya terlebih dahulu  dan gunakan beberapa alat bantu untuk melihat lebih dalam kualitas batu akik sesungguhnya.

Demikianlah postingan kali ini mengenai cara mengetahui bahan batu akik yang bagus. Semoga bermanfaat buat kalian semua.
Iklan Disini

1 komentar:

Posting Komentar