Cara Membedakan Batu Zamrud Asli dengan Sintetis

Iklan Disini
Iklan Disini
Membedakan batu zamrud yang asli atau palsu memang dapat dikatakan bukanlah merupakan sebuah hal yang mudah untuk dilakukan, dan mungkin hanya para penghobi atau para kolektor batu permata saja yang dapat melakukan hal tersebut karena memang sudah memiliki banyak pengalaman. Namun seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi yang ada pada saat ini maka berbagai macam informasi tentunya sudah dapat ditemukan dengan mudah melalui berbagai media online, seperti melalui situs ataupun website, sehingga siapapun dapat mengetahui informasi tersebut dengan mudah.
 
Batu Zamrud Asli
 
Batu zamrud sendiri merupakan salah satu jenis batu permata yang masuk pada kategori Berryl dan diketahui merupakan batu permata yang langka, batu zamrud atau yang dikenal juga dengan sebutan emerald ini memiliki cirikhas transparansi warna hijau pekat dan cenderung tidak memiliki motif. Maka dari itulah semakin pekat warna hijau dan semakin transparan batu zamrud tersebut maka harga dari batu permata tersebut juga akan semakin mahal, sehingga tak heran jika hingga saat ini banyak pihak yang tidak bertanggung jawab memalsukan batu permata zamrud tersebut.

Karena itulah hendaknya anda dapat mengetahui berbagai macam perbedaan antara batu zamrud yang asli dengan sintetis atau batu permata palsu, dan hal tersebut dapat diketahui melalui berbagai macam cara membedakan batu zamrud yang asli atau palsu pada sedikit ulasan berikut ini.

Cara pertama yang dapat dicoba adalah melihat serat-serat halus pada batu permata zamrud tersebut, karena diketahui bahwa batu zamrud sendiri memang memiliki serat halus yang cenderung tidak dapat dilihat dengan menggunakan mata. Namun anda dapat menggunakan alat bantu seperti kaca pembesar untuk dapat melihat lebih detail serat halus pada batu permata tersebut, karena batu sintetis atau yang palsu sendiri biasanya akan memiliki permukaan yang sangat halus dan rata dan cenderung tidak memiliki serat.

Cara kedua yang dapat dicoba adalah dengan menembuskan cahaya pada batu permata tersebut, karena diketahui bahwa batu zamrud yang asli tidak akan dapat merefleksikan cahaya atau dengan kata lain tidak dapat ditembus oleh cahaya. Sedangkan yang sintetis atau yang palsu sendiri biasanya akan dapat ditembus dengan menggunakan sinar ultraviolet dan dapat merefleksikan cahaya.

Selain dengan cara tersebut diatas, ada beberapa cara lagi untuk membedakan batu zamrud asli dengan sintetis. Berikut adalah caranya:
  1. Bila dilihat baik-baik, batu permata asli biasanya akan terlihat serat-serat halus pada batu tersebut. Ada yang dapat terlihat secara kasat mata, ada juga yang harus menggunakan bantuan kaca pembesar agar terlihat lebih jelas. Sedangkan untuk batu permata sintetic permukaannya biasanya bening tanpa serat dan bisa digunakan untuk berkaca.
  2. Coba tempelken batu permata tersebut ke pipi Anda. Bila terasa dingin maka hal itu merupakan salah satu bahwa permata tersebut adalah asli. Namun harus didukung dengan berbagai ciri lainnya.
  3. Terasa lebih berat ketika dipegang untuk benda seukurannya. Jika terasa lebih berat untuk benda seukuran/ dengan dimensi tersebut, hal itu merupakan salah satu ciri bahwa batu permata asli. Dan bila lebih ringan dibandingkan dengan dimensi benda seukurannya, maka bisa dipastikan batu permata tersebut adalah palsu
  4. Batu zamrud merupakan batu yang tidak pernah bersih, tanpa cacat, tanpa cela. Karena batu ini telah terbentuk selama ribuan tahun yang pasti akan menyisakan beberapa bagian kecacatan. Hal ini mungkin bisa dihindari dengan menggunakan cutting tertentu untuk membuang bagian yang buruk. Namun kecacatan fisik pada batu permata justru dapat digunakan sebagai tanda bahwa batu itu merupakan batu permata asli.
  5. Batu permata Zamrud memiliki warna yang pekat dan permukaannya tak bisa ditembus dengan cahaya apapun. Sebaliknya, batu permata sintetis biasanya dibawah sinar ultraviolet akan tampak kemerahan atau merefleksikan cahaya. Padahal seharusnya tidak begitu.
  6. Batu zamrud biasanya dipotong dengan bentuk faced, yaitu cutting yang berpotongan miring di setiap sudutnya. Coba lihatlah dengan kaca pembesar. Batu Zamrud asli memiliki garis sudut yang sempurna, bukan seperti garis batas sudut yang dipanaskan.
  7. Batu permata asli mempunyai ciri-ciri seperti; inclusion, warna, kekerasan, dan bentuk yang lebih berkarakter (khas) daripada batu sintetis. Hal ini dikarenakan batu zamrud asli terbentuk dengan alami, bukan buatan. Inclusion ini bisa berbentuk retakan, buih/ gelembung, bintik kehitaman, adanya benda asing/ benda yang terperangkap di dalam batu, cap jari, atau bahkan bentuk rekahan di dalam batu.
 
Demikian di atas tadi adalah beberapa cara membedakan batu zamrud yang asli atau palsu yang telah kita ketahui bersama, semoga sedikit informasi di atas dapat membantu serta dapat bermanfaat untuk anda semuanya.
Iklan Disini

3 komentar Cara Membedakan Batu Zamrud Asli dengan Sintetis

Benny Aditya Pada: 11 Juni 2015 17.56 permalink
Delete
Herman Baskara Pada: 1 Agustus 2015 14.50 permalink
Delete
Muhammad Resky Pada: 26 Agustus 2015 20.14 permalink
Delete

Posting Komentar