Ciri - Ciri Batu Ruby Asli

Iklan Disini
Iklan Disini
Ciri-ciri Batu Ruby Asli – Bagi sebagian orang berduit, tampil dengan perhiasan mahal adalah hal yang “wajib” dilakukan. Salah satunya adalah cincin, tapi bukan sembarang cincin yakni yang memiliki batu mulia. Banyak jenis batu mulia yang digemari di Indonesia, salah satunya adalah Batu ruby.

Ya, batu ruby adalah satu dari beberapa batu mulia sehingga batu ini juga banyak dicari oleh para kolektor. Jangan kaget jika harga batu ruby ini bisa bikin geleng-geleng kepala. Harga batu ruby yang sudah diasah bisa melambung tinggi sampai ratusan juta rupiah. Namun karena kerasannya batu ruby, beberapa diantaranya tidak bisa digores dengan logam baja sekalipun. 

Cincin Batu Ruby

Ingin Memiliki Batu Ruby? Kenali Ciri cirinya Berikut Ini Salah satu ciri dari batu ruby yang asli adalah kekerasanya. Batu mulia jenis ini memiliki tingkat kekerasan mencapai 9 skala Mohs. Batu Ruby terbentuk melalui korundum mineral yakni kristal alumunium oksida yang merupakan mineral dengan tingkat ketahanan paling lama di bumi. Selain batu ruby, yang lahir dari korumdum ini adalah batu safir. Bagi anda yang ingin memiliki batu mulia jenis ini, tentu anda harus bisa mengetahui batu ruby yang asli dan yang palsu.

Pasalnya saat ini terdapat ruby sintetis yang harganya tentu saja lebih murah dari batu ruby asli. Untuk itu kami akan berikan cara mengetahui batu ruby asli dan palsu. Perhatikan ciri-ciri batu ruby asli berikut ini:
  1. Secara fisik, batu ruby asli mempunyai serat yang terdapat didalam batu. Serat tersebut memang membuat tampilan tidak mengkilap atau tidak jernih. Namun kini telah hadir sebuah teknologi yang mampu menghilangkan serat tersebut. Di pasaran, batu ruby biasanya dijual masih dalam bentuk natural, artinya masih memiliki serat didalamnya.
  2. Batu ruby sebenarnya memiliki banyak pilihan warna, akan tetapi yang lebih kerap ditemui adalah yang memiliki kelir merah. Selain warna merah ada juga warna merah muda, orange, ungu dan violet. Ya karena kebanyakan batu ruby berwarna merah, sehiangga kadang orang menyebutnya batu merah delima.
  3. Jika batu ruby ini disinari, maka sinarnya akan diteruskan melewati fisiknya. Cahaya tersebut akan memantulkan bentuk six point star atau three ray akibat dari serat didalamnya.
  4. Nah jika ingin mengetahui batu ruby asli atau palsu secara lebih detai, bisa menggunakan alat bernama diamond selector II atau presidium gem tester.

Demikianlah artikel kali ini mengenai ciri - ciri batu ruby asli. Semoga bermanfaat buat kalian semua.
Iklan Disini

2 komentar Ciri - Ciri Batu Ruby Asli

Posting Komentar