Cara Agar Batu Black Opal Mengeluarkan Warna atau Jarong

Iklan Disini
Iklan Disini
Memiliki batu black opal berkualitas, memang menjadi kebanggaan bagi seorang penggemar atau gemslover, namun untuk bisa memiliki batu yang benar-benar bagus dan berkulitas tentunya ada harga lebih yang harus dibayar, itupun tidak sedikit karena untuk jenis black opal terbaik bisa berharga jutaan rupiah.

Bagi seorang penggemar batu mulia, mengoleksi dan memiliki berbagai jenis batu mulia adalah hal wajar termasuk memiliki jenis black opal yang merupakan batuan asli Indonesia, dimana batu ini termasuk jenis permata yang sangat didambakan kalangan kolektor dan pencinta batu

Hanya saja karena harganya yang cukup mahal, tidak semua orang atau penggemar bisa memiliki batu berkualitas sesuai keinginan. Maka dari itu kemudian muncul ide, agar batu opal menjadi lebih berkualitas dengan cara melakukan treatmen agar kembang atau jarong dari dalam batu keluar, sebagai ciri khas batu opal berkualitas.

Bagi pemilik black opal yang sudah dalam bentuk batu cincin atau masih berbentuk bahan atau bongkahan, bisa dilakukan treatmen untuk mengeluarkan warna atau jarong, cuma cara ini memakan waktu cukup lama untuk mendapatkan hasil memuaskan.

Bahan Batu Black Opal

Berikut ini cara yang bisa dilakukan agar batu black opal yang anda miliki mengeluarkan warna atau jarong:
  1. Merendam batu black opal dengan air hujan, caranya masukkan batu dalam botol atau toples yang sudah berisi air hujan kemudian tutup dengan rapat
  2. Lalu jemur botol atau toples tersebut dalam keadaan tertutup
  3. Merendam batu opal dalam cairan isotonik dalam botol tertutup seperti cara nomor 1
  4. Cara lain melakukan pemanasan pada batu di atas bara api, caranya bungkus batu opal dengan aluminium foil lalu garang diatas bara api beberapa menit, kemudian diangkat, namun langkah terakhir ini tidak dianjurkan kecuali untuk percobaan

Cara merendam batu black opal agar cepat jadi , seperti langkah-langkah diatas bukan jaminan akan keluar jarong black opal sesuai keinginan. Adakalanya gagal tergantung bahan baku black opal itu sendiri. Hal terpenting adalah kesabaran dan kenali terlebih dahulu bahan black opal yang akan dilakukan treatmen.

Batu Balck Opal

Sedangkan cara ekstrem seperti merendam dengan air panas dan menggarang diatas bara api tidak dianjurkan kecuali memang bermaksud untuk melakukan percobaan karena jika terjadi kesalahan bukannya warna indah yang keluar tapi sebaliknya.
Iklan Disini

2 komentar Cara Agar Batu Black Opal Mengeluarkan Warna atau Jarong

Unknown Pada: 23 Mei 2015 pukul 21.57 permalink
Delete
Unknown Pada: 2 Agustus 2015 pukul 11.53 permalink

berapa harganya yanuar?

Posting Komentar