Cara Mengetahui Batu Akik Asli atau Batu Olahan

Iklan Disini
Iklan Disini
Aslikah batu akik koleksi Anda? Mungkin ini menjadi pertanyaan bagi banyak orang, mengingat mudahnya mendapatkan batu akik yang sudah jadi di pasaran.

Tapi tak perlu khawatir, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menguji apakah batu mulia tersebut asli atau palsu. Batu akik palsu merupakan batu sintetis hasil olahan pabrik yang dibuat menyerupai batu asli.

Pertama kita bisa mengujinya dengan memperhatikan urat-urat alam yang tampak dalam batu. Untuk melihatnya diperlukan kaca pembesar atau mikroskop karena serat-serat tersebut kadang kala sangat kecil. Bila asli, serat pada batu nampak seperti retak-retak karena dipastikan tidak ada batu mulia yang mulus tanpa serat.
Senter, salah satu alat untuk mengetahui Serat Batu Akik
Selanjutnya menguji tingkat kekerasan batu dengan menggunakan alat yang disebut hardness set pensil. Anda juga bisa mengujinya dengan cara memeriksa kadar beratnya dengan timbangan air. Terakhir menggunakan refraktometer untuk mengetahui pantulan sinar batu.

Selain dengan cara di atas bisa juga menguji dengan cara sederhana seperti jika dilekatkan di pipi maka batu akan terasa dingin, artinya batu tersebut asli. Jika dibakar batu akan cepat panas dan kembali cepat dingin, beda dengan kimia plastik atau kaca aspal, yang mampu menyimpan panas lebih lama.

Batu-batu sintetis umumnya memiliki ciri-ciri tampak bening seperti kaca, tidak terlihat serat di dalamnya. Massanya lebih ringan untuk ukuran batu yang sama dengan. Terjadi perubahan bila Anda membakarnya dan mudah tergores atau lecet jika terjatuh dan tergesek benda keras
Iklan Disini

Posting Komentar